Sabtu, 26 November 2016

Kumpulan Beberapa Hadits Shahih

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Allah Subhanahuwata’ala berfirman: 

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al Ahzab : 21)

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ﻓَﺈِﻥَّ ﺃَﺻْﺪَﻕَ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚِ ﻛِﺘَﺎﺏُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﺍﻟْﻬَﺪﻱِ ﻫَﺪْﻱُ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻞَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ،
Fainna ashdaqal haditsi kitabullah
[Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah]

wa khairal hadyi hadyu muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam 
[dan sebaik-baik petunjuk, adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam]



Demikianlah perkataan yang sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya di jagat raya ini adalah perkataan yang berasal dari Sang Maha Pencipta jagat raya itu sendiri beserta isinya. Kemudian perkataan atau firman itu diwahyukan kepada para Nabi dan RasulNya. Dan tidaklah perkataan dan perbuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu berdasarkan hawa nafsunya, tetapi semata-mata berdasarkan wahyu dari Allah Subhanahuwata’ala. Kalaupun ada kesalahan yang Nabi perbuat, itu semata-mata menunjukkan sifatnya sebagai manusia dan agar menjadi contoh manusia lainnya bahwa demikianlah perbaikan yang harus dilakukan oleh manusia apabila melakukan kesalahan, oleh karena itu tidak diturunkannya utusan berupa malaikat agar manusia dapat mencontoh manusia ideal yaitu seorang manusia yang diutus sebagai Nabi.
Hadits adalah segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dijadikan hukum dalam agama islam. Hadits dijadikan sumber hukum kedua setelah al-qur’an.
Mari menambah wawasan keislaman kita dengan membaca Hadits-Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di samping membaca juga tafsir Ibnu Katsir pada halaman lainnya.

- Hadits Qudsi
<klik di sini> 
- Ringkasan kitab hadits shahih Imam Bukhari
 <klik di sini> 
- Ringkasan kitab hadits shahih Imam Muslim
- Kitab hadits riyadhus shalihin (1) Imam Nawawi
<klik di sini>
- Kitab hadits riyadhus shalihin (2) Imam Nawawi
<klik di sini>

_______________

--------------------------------------------------------------
Tas Trojika


Sprei My Love dan Lady Rose









Klik judul atau gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar